Manfaat Singkong, Si Ubi Kayu yang Kaya Nutrisi

Manfaat Singkong, Si Ubi Kayu yang Kaya Nutrisi

Posted by

Manfaat Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di dunia. Singkong kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

Singkong umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan. Singkong memiliki nama ilmiah Manihot esculenta. Singkong adalah salah satu tanaman pangan yang paling penting di dunia. Singkong merupakan makanan pokok bagi lebih dari 800 juta orang di dunia.

Kandungan Gizi Singkong

Berikut adalah kandungan gizi singkong per 100 gram:

  • Energi: 191 kalori
  • Karbohidrat: 40,3 gram
  • Protein: 1,5 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Vitamin C: 20 miligram
  • Tembaga: 12% dari RDA
  • Tiamin: 7% dari RDA
  • Kalium: 400 miligram
  • Kalsium: 20 miligram
  • Zat besi: 2 miligram
  • Vitamin A: 100 mikrogram

Singkong juga mengandung sejumlah nutrisi lain dalam jumlah yang lebih kecil, termasuk vitamin B6, niasin, folat, magnesium, dan fosfor.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Singkong memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Sumber karbohidrat kompleks

Manfaat singkong adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang dicerna perlahan oleh tubuh, sehingga memberikan energi yang stabil dan tahan lama.

Singkong mengandung sekitar 27 gram karbohidrat per 100 gram. Karbohidrat ini terdiri dari pati, serat, dan gula. Pati adalah sumber energi utama bagi tubuh, sedangkan serat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

2. Meningkatkan energi

Singkong dapat membantu meningkatkan energi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Karbohidrat kompleks dalam manfaat singkong dicerna perlahan oleh tubuh, sehingga memberikan energi yang stabil dan tahan lama.

Manfaat singkong cocok dikonsumsi untuk orang yang membutuhkan energi ekstra, seperti atlet, pekerja keras, atau orang yang sedang dalam masa pemulihan.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat singkong mengandung serat yang tinggi, yaitu sekitar 3 gram per 100 gram. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan cara:

  • Meningkatkan pergerakan usus
  • Mencegah sembelit
  • Membantu penyerapan nutrisi

Serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Singkong mengandung vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 20 miligram per 100 gram. Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan stroke.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat singkong mengandung kalium yang tinggi, yaitu sekitar 400 miligram per 100 gram. Kalium adalah mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Kalium membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi efek natrium. Natrium adalah mineral yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Singkong juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung.

6. Manfaat Singkong dapat Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat singkong mengandung kalsium yang tinggi, yaitu sekitar 20 miligram per 100 gram. Kalsium adalah mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Kalsium membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi tulang yang rapuh dan mudah patah.

7. Membantu menurunkan berat badan

Singkong mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu menurunkan berat badan. Karbohidrat kompleks dicerna perlahan oleh tubuh, sehingga memberikan energi yang stabil dan tahan lama.

Energi yang stabil dan tahan lama dapat membantu mencegah makan berlebihan. Makan berlebihan adalah salah satu penyebab obesitas.

8. Mencegah anemia

Manfaat singkong mengandung zat besi yang tinggi, yaitu sekitar 2 miligram per 100 gram. Zat besi adalah mineral yang penting untuk mencegah anemia.

Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

9. Meningkatkan kesehatan kulit

Singkong mengandung vitamin A yang tinggi, yaitu sekitar 100 mikrogram per 100 gram. Vitamin A adalah antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini, keriput, dan jerawat.

10. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat singkong mengandung vitamin A yang tinggi, yaitu sekitar 100 mikrogram per 100 gram. Vitamin A adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *